Cara Mengatur Gaji Bulanan di Tahun 2020

Setelah mencari tau di internet tentang bagaimana beberapa orang menghabiskan gajinya, saya mendapatkan garis besar, tentang bagaimana dan kemana mereka membagikan uangnya seketika mereka menerima gaji.

Mereka biasanya langsung membagikan gajinya dalam bentuk beberapa potongan dan pos-pos keuangan dan mengikuti aturan pengelompokkan uang tersebut terus menerus dalam jangka waktu yang amat panjang.

 cara mengatur gaji di tahun 2020
cara mengatur gaji di tahun 2020


Sekarang, mari saya coba tuliskan beberapa pos-pos yang secara garis besar setiap orang memilikinya, dan mengaplikasikannya ke diri saya.

Saya sendiri adalah seorang pegawai pemerintahan yang kurang lebih upah perbulannya berkisar antara 6-7 juta. sebelum itu mari kita lihat apa saja pembagian gaji kebanyakan orang yang saya temui di internet.

1. Mengirim ke orang tua

Saya sangat seetuju dengan hal ini, kita harus menyisihkan sebagian pendapatan kita untuk dikirimkan ke orang tua, bagaimanapun juga kita tidak bisa membalas jasa orang tua kita sampai kapan pun.

Terlepas dari itu saya lebih memilih memberikan mereka sesuatu yang saya tabung terlebih dahulu seperti sepatu, emas khususnya untuk ibu, dan barang-barang lain.

Lebih baik lagi jika bisa memberikan mereka ONH untuk menyempurnakan ibadah mereka untuk yang beragama Islam.

2. Investasi baik jangka panjang maupun jangka pendek

Tidak selamanya kita bisa bekerja dan menghasilkan uang, di kemudian hari ada masanya dimana kita pensiun dan atau berhenti dari pekerjaan kita.

Kita tidak bisa lagi bekerja sebagaimana badan kita masih muda dan segar, maka dari itu ada baiknya jika kita menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk diinvestasikan ke dalam instrumen, baiknya didiversifikasi agar lebih aman.

Dengan adanya dana yang kita investasikan ke dalam instrumen tertentu baik itu reksa dana, emas, saham, properti maupun yang lainnya.

Kita tidak akan kaget di kemudian hari waktu pensiun dan ada simpanan yang bisa kita gunakan untuk hari tua.

3. Keperluan bulanan, makan, pulsa, listrik, bensin, sewa tempat tinggal

Setiap bulannya kita akan mengeluarkan biaya untuk dipergunakan untuk keperluan kita pribadi seperti rumah untuk tempat kita tinggal.

Bensin untuk perjalanan, baik itu menuju tempat kerja ataupun untuk keperluan jalan-jalan, Pulsa untuk keperluan menelepon bos atau teman dan internet untuk mengirim laporan pekerjaan, hiburan dsb.

4. Dana darurat

Tidak selamanya kita sehat ada waktu dimana tiba-tiba penyakit datang, dan bagaimana cara menanggulanginya?.

Disinilah dana darurat diperlukan, sewaktu-waktu kita memerlukannya, kita tidak perlu bingung untuk mencari pinjaman kemana-mana.

5. Barang tambahan atau biaya liburan.

Gawai kamu sudah ketinggalan jaman, dan ingin membeli yang baru, tentunya kamu harus menyiapkan dari jauh-jauh hari untuk keperluan ini.

Sesekali kita perlu memanjakan diri kita dengan gawai baru ataupun liburan ke luar kota, jangan hanya sibuk untuk terus bekerja tanpa menyegarkan badan dan pikiran dengan suasana baru.

Diatas merupakan kemana saja upah bulanan yang kebanyakan orang gunakan pada saat mereka menerimanya, saya setuju dengan poin pembagian tersebut, tapi tidak sepenuhnya mengikuti mentah-mentah.

Saya juga punya cara sendiri untuk mengatur keuangan bulanan saya, tentu saja disesuaikan dengan keadaan saya saat itu, serta saya mengadopsi aturan keuangan dari teman saya yang saya lihat tidak punya masalah keuanngan.

Dan kehidupannya selalu terjadi perkembangan dan lebih baik dari tahun ke tahun.

1. Saya mengeluarkan uang sebesar 1.2juta untuk membayar cicilan KPR rumah.

2. Saya mengeluarkan 1juta untuk berinvestasi di reksa dana, disini saya lakukan diversifikasi dengan menggunakan robo advisor dari aplikasi "Bibit" yang telah terdaftar sebagai APERD di OJK.

3. Saya usahakan untuk menabung sebanyak 3-4 juta tiap bulannya maka di akhir tahun saya kurang lebih punya tabungan sebesar 36-48 juta, katakan saja kita ambil tengahnya kurang lebih 40 juta.

4. Sisanya saya gunakan untuk keperluan sehari-hari selama satu bulan, baik itu pulsa, uang makan, dan bensin.

*Tujuan saya dari menyisihkan bagian yang lumayan besar kepada tabungan tiap bulannya adalah untuk mewujudkan keinginan-keinginan besar saya tiap tahunnya, seperti : Membeli tanah, membangun rumah, menikah, membeli mobil, dan keperluan lainnya jika 4 keinginan besar saya ini sudah selesai.

Anyway, saya jarang sekali berpergian kemana-mana untuk refreshing, saya lebih suka membaca buku dan browsing di kamar.

Sekian cara mengatur gaji bulanan di tahun 2020 paling efektif dan efisien menurut versi saya agar cepat kaya dan tidak habis tak bersisa dalam waktu singkat, terima kasih sudah membaca tulisan ini, berkunjung lagi lain waktu.


Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatur Gaji Bulanan di Tahun 2020"

Posting Komentar

Terima Kasih telah Berkomentar dan Berpartisipasi di Blog ini
Semoga Harimu Menyenangkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel