Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Agar Dilirik Oleh HRD


Saat melamar sebuah pekerjaan, daftar riwayat hidup menjadi dokumen yang sangat penting dan harus Anda lampirkan. Ini karena daftar riwayat hidup merupakan salah satu dokumen yang akan dilirik oleh HRD nantinya.

Cara membuat daftar riwayat hidup


Tentu saja, untuk membuat sebuah daftar riwayat hidup tidak boleh dilakukan dengan cara sembarangan. Ada beberapa langkah yang harus Anda perhatikan dengan baik untuk membuat sebuah daftar riwayat hidup. 

Lalu, bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar? Di bawah ini ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan membuat sebuah daftar riwayat hidup.

Pilihlah Jenis serta Ukuran Font yang Tepat


Langkah satu ini merupakan hal pertama yang harus Anda perhatikan dengan baik. 
Meski tidak sedikit yang menganggap bahwa cara membuat daftra riwayat hidup dengan cara ketik tangan jauh lebih baik, namun tidak sedikit perusahaan yang jauh lebih memilih penulisan daftar riwayat hidup dengan cara diketik.

Bagi Anda yang ingin membuat daftar riwayat hidup dengan cara diketik, jenis font yang harus dipilih adalah Calibri, Times New Roman ataupun Arial. 

Sementara itu, untuk ukuran font yang bisa Anda pilih mulai dari 11 hingga 12.
Hal lainnya yang harus Anda perhatikan dengan baik adalah bold beberapa point seperti nama, jenis kelamin, tempat dan tanggal lahir, agama pendidikan serta pengalaman kerja. Gunakan spasi 1,5 sampai 2 cm agar daftar riwayat hidup yang Anda buat tampak lebih rapi. Jangan lupa pula untuk menggunakan 2,5 cm untuk setiap tepi garis halaman agar lebih rapi.

Tulis Riwayat Kerja Sesuai dengan Urutan Waktu


Selanjutnya, Anda harus menuliskan pengalaman kerja yang pernah Anda lakukan sesuai dengan urutan waktu yang tepat. Anda bisa menuliskan urutan pengalaman kerja yang paling awal hingga paling akhir. Selain itu, tuliskan pula posisi pekerjaan sebelumnya, deskjob, nama perusahaan dan alamat perusahaan.

Tulislah Riwayat Pendidikan dengan Tepat


Riwayat pendidikan yang Anda miliki menjadi bagian yang sangat penting. Apalagi, jika posisi pekerjaan yang akan Anda lamar tersebut harus sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang disyaratkan.
Tulislan nama sekolah atau universitas, jurusan yang Anda ambil, dan lama pendidikan yang Anda tempuh. Tak hanya itu, Anda juga bisa menyertakan nilai IPK ataupun nilai UN dalam riwayat pendidikan yang Anda buat.

Cantumkan Keahlian ataupun Kualifikasi Khusus


Meski hal ini merupakan tambahan, namun jika Anda memiliki keahlian khusus pastinya akan menjadi nilai tambah untuk diri Anda sendiri. Terlebih jika keahlian yang Anda miliki tersebut sesuai dengan keahlian kerja yang dibutuhkan. 

Demikian cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar. Pastikan pula bahwa Anda menggunakan kata kerja aktif dalam penyusunan kalimatnya. Tak hanya itu, Anda juga harus menulisya dengan menggunakan bahasa yang sopan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup Agar Dilirik Oleh HRD"

Posting Komentar

Terima Kasih telah Berkomentar dan Berpartisipasi di Blog ini
Semoga Harimu Menyenangkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel