Begini Seharusnya Anak Muda Menginvestasikan Uangnya

Sebelum masuk ke poin inti bagaimana seorang anak muda seharusnya menginvestasikan uangnya, saya akan sarankan 3 buku untuk landasan dasar pikiran anda dan juga membuka pikiran anda tentang investasi.

investasi anak muda
investasi anak muda


1. Baca The Intelligent Investor karya Benjamin Graham, buku ini akan memberikan kalian gambaran besar tentang berinvestasi sebagai seorang pemilik, dan bagaimana memikirkan tentang pasar.

Graham adalah kakeknya dari investasi nilai dan merupakan guru langsung dari Warren Buffet, selain itu carilah informasi sebagai mungkin tentang pemerintahan saat ini.

2. Margin of Safety karya Seth Klareman yang sudah menjadi arah tujuan dari Baupost fund di tahun 80an, buku ini memiliki ide yang tidak jauh berbeda, karena Klareman mengikuti ajaran Graham dengan sedikit sentuhannya sendiri yang berbeda dari yang lainnya.

Sangat sulit membalikkan cara bermain Klareman, buku ini juga bagus karena merupakan contoh yang amat dekat dengan sekarang.

3. Buku terakhir adalah You Can Be The Stock Market Genius karya Joel Greenblatt, nama yang buruk namun buku yang bagus karena semua situasi yang khusus, ini tidak unik namun cara mengidentifikasi permainan investasi spesifik seperti perputaran dan penggabungan.

Mendetil dan bagaimana cara mengambil keuntungan dari hal tersebut dan apa yang harus diperhatikan.

Baca ketiga buku tersebut kurang lebih dalam 2 atau 3 bulan kemudian mulai berinvestasi pada instrumen yang kamu pahami, jika kamu tidak paham, maka mulailah mempelajarinya.

Namun, ketika anda melakukan hal tersebut, pelajaran terbaik adalah dengan membaca Buffet Partnership Letter dan kemudian the Berkshire Hathaway Annual Letters, ini akan menjangkau 40 tahun lebih pembelajaran emas investasi dan pendidikan bisnis.

Hal-hal tersebut diatas sangat saya rekomendasikan apalagi untuk anda yang baru memasuki dunia investasi.

Nah skarang masuk ke poin inti nya, langsung saja ya.

Investasi berdasarkan tujuan keuangan

Rencana investasi masa pensiunmu tidak sama dengan rencana pendidikan anakmu, membeli mobil baru 2 tahun kemudian tidak sama dengan membeli sebuah rrumah 5 tahun mendatang

Jangan berinvestasi tanpa pengetahuan

Investasi saham memang terdengar mewah, namun sebagian besar investor kehilangan uang mereka dalam jumlah besar, apa kamu tahu kenapa?, karena mereka tidak mengetahui tentang apa yang mereka investasikan.

Baik itu saham, reksa dana, maupun real estate, ketahuilah apa yang kamu lakukan dengan uangmu, apa resiko dan keuntungan yang terkait dengan hal tersebut, jangan bergantung pada siapapun dengan investasimu.

Investasi lebih ke aset dibanding liabilitas

Bro, gue punya mobil mewah baru, itu aset baru gue paling gede, apakah kamu berpikir bahwa mobil merupakan aset ? aset adalah sesuatu yang menghasilkan uang untukmu.

Mobilmu adalah liabilitas karena setiap beberapa waktu sekali memerlukan perawatan, bensin dan sebagainya, namun kamu tetap memerlukan mobil, pastikan anda memiliki lebih banyak aset untuk memberikan kekayaan di masa depan.

Jangan hanya membeli mobil karena anda dapat membayarnya, jika anda membeli mobil seharga 200 juta pastikan anda berinvestasi 400 juta untuk masa depan.

Berinvestasi secepat mungkin.

Warren buffet memulai investasi sejak umur 11 tahun, dan dia menyesal tidak memulai lebih awal, mulailah berinvestasi hari ini !, tidak masalah jika anda hanya memulai dengan 100ribu rupiah per bulan.

Anda harus mulai membiasakan menabung dan berinvestasi, anda tidak boleh melewatkan manfaat dari penggabungan.

Jangan serakah, investasi membosankan

Apakah anda pernah mendengar orang yang untuk besar dari trading bitcoin dan saham?, kawanku itu hanyalah puncak gunung es, kebanyakan orang kehilangan uang mereka, kalau ingin memacu jantung lebih baik terjun payung atau lompat bungee.

Investasikan uang menjadi keterampilan

Jika anda sudah mempunyai pekerjaan, anda bisa mempelajari sesuatu yang bisa membuat gajimu lebih besar, mempelajari sesuatu yang bisa membuat anda mendapatkan penghasilan sampingan, investasi kepada dirimu sendiri.

Baca buku yang bagus, pelajari hal baru tiap harinya untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri.

Jangan berinvestasi ke asuransi

Untuk memperjelas asuransi adalah sebuah kebutuhan namun bantuan keuangan seseorang orang tersebut tidak ada, ini bukan cara mendapatkan uang, jangan mengharapkan sumbangan, buatlah rencana keuangan berjangka.

Iphone itu berlebihan

Apakah anda suka iphone?, apakah anda berpikir bahwa sepadan dengan harganya?, orang-orang di Amerika bekerja menggunakan dollar dan sangat mudah untuk mereka membelinya, bagaimanapun, jika anda baru mulai menghasilkan.

Tidak masuk akal mengorbankan 2-3 bulan gajimu untuk membeli sebuah Iphone, jangan membeli Iphone karena ada kata I=saya di dalamnya, pikirlah dahulu apakah anda sangat membutuhkannya?.

Nah itu dia bagaimana seharusnya anak muda menginvestasikan uangnya!, terima kasih sudah membaca, jangan lupa datang kembali.

Belum ada Komentar untuk "Begini Seharusnya Anak Muda Menginvestasikan Uangnya"

Posting Komentar

Terima Kasih telah Berkomentar dan Berpartisipasi di Blog ini
Semoga Harimu Menyenangkan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel